Thermal Oil Heater  Kapal Tanker  (Economizer Oil Heater)
Disebuah kapal Tanker dan Muatan barang sekala besar mengunakan generator dan turbin yang akan menghasilkan Gas buang dengan temperaturdi atas 200 derajat , dengan adanya sumber energi free oleh sebab itu dimanfaatkan untuk memanaskan Heater transfer oil (economizer thermal heater) dengan cara meman faatkan gas buang untuk di pergunakan sebagai proses pemanas dan
Thermal oil heat boiler menggunakan fluida pemanas sejenis minyak khusus sebagai pembawa panas dimana minyak tersebut dipanaskan di sistem coil tube boiler kemudian disirkulasikan ke sistem palka tanker. Energi panas yang dibawa oleh fluida pemanas tersebut kemudian dipindahkan ke MFO melalui koil-koil dan alat-alat penukar panas yang terpasang pada sistem bahan bakar MFO Titan Tanker Dalam studi teknis ini dilakukan pengumpulan data mengenai sistem pemanas menggunakan thermal oil boiler khususnya untuk boiler kapal tanker. Survey terhadap sistem bahan bakar di kapal dilakukan untuk mengetahui existing equipment yang telah terpasang.

 

 

Perhitungan terhadap beban pemanasan pada setiap coil dan heater yang akan dipasang dilakukan untuk mendapatkan kapasitas dari mesin oil boiler. Dari beban pemanasan tiap peralatan kemudian direncanakan laju aliran fluida pemanas yang dibutuhkan untuk dapat memindahkan panas sebesar beban pemanasan pada tiap peralatan sesuai kapasitas. Dari hasil perhitungan didapatkan kapasitas peralatan pada desain pemanas dengan menggunakan thermal oil boiler pada kapal tanker Permata sukse 5001 Kapasitas thermal oil heater sebesar 1000.000kcal/h dengan kapasitas aliran fluida pemanas 100M3/jam. Sistem thermal oil boiler menggunakan pompa circulating 100 m3jam dengan daya penggerak motor 22kw jadi untuk memnaskan MFO 5000 KL dengan setpoin temperatur 40 sd 48 derajat celcius ditempuh kuranglebih 3 hari/ 72 jam. dengan adanya sistem pemanas tersebut keuntungan yang di dapat crude oil secara temeperatur suhu akan terjaga dan keuntungan lain secara volume muatan tidak mengalami penyusutan yang berlebihan.

 

Apakah keunggulan Thermal Oil Heater dibandingkan dengan Steam Boiler?

  • Bekerja pada temperatur tinggi dengan tekanan atmosferik
  • Temperatur control yang presisi
  • Tidak diperlukan water treatment dll bahan kimia yang memerlukan biaya tinggi
  • Tidak ada heat losses dari condensate dan blow down seperti pada steam boiler
  • Tidak ada korosi dan pengerakan pada bagian dalam Boiler
  • Biaya pemeliharaan yang sangat rendah
  • Operasional Full Automatic dan mudah sehingga tidak memerlukan operator khusus