Economizer Boiler Kapal Tanker

Boiler kapal atau dalam bahasa indonesia disebut Ketel Uap adalah Mesin yang dirancang untuk menghasilkan uap, yang akan digunakan untuk sistem pemanasan atau tenaga gerak. adapun economizer boiler yang sistemkerjanya memanfaatkan panas gas buang, teknologi tepat guna yaitu memnfatkan sumber panas yang terbuang di manfaatkan menjadi sumber energi yang menjadi pilihan di saat sekarang dan yang akan datang ( Efisiensi biaya operational Low cosh)

 

Kegunaan boiler di Kapal
Fungsi utama boiler di kapal adalah untuk menghasilkan uap. Uap yang dihasilkan oleh boiler selain sebagai pemanas bahan,bakar kapal(Residu,MFO), juga bisa digunakan untuk menggerakkan turbin uap,yang juga digunakan sebagai motor penggerak utama kapal.
boiler kapal (Ketel uap) memanaskan cairan yang ada di dalam bejana,cairan tersebut dirubah menjadi uap. Uap yang telah terbentuk kemudian dialirkan ke komponen yang membutuhkan, bisa untuk menggerakkan turbin atau digunakan sebagai sumber panas.(heat transfer steam)

Fungsi boiler di kapal adalah untuk Menghasilkan daya untuk penggerak utama dan penggerak bantu, Untuk peralatan pemanas ( pemanas ruangan, bahan bakar, muatan minyak dln ), Pada kapal tanker digunakan sebagai pemanas Crude Oil , Crude Palm Oil (CPO)yaitu untuk mempertahankan suhu agar rendemen CPO tidak turunsecara volume dan  juga pembersih tangki barge minyak (Tank Cleaning ).

Adapun alat pendukung boier kapal
1. Feed Water tank
2. Feed water Pump (Pompa air umpan Boiler)
3. Water softener
4. Dosing pump
5. water regeneration Resin
6. Tanki bahan bakar
7. Steam header (Pembagi steam)
8. Economizer (memanfaatkan gasbuang cerobong  untuk memanaskan air umpan boiler sebagai sumber energi)
9. Flow meter steam
10.metering bahan bakar
11.metering air umpan boiler